March 15, 2011

Al-Hikmah dan Ilmu Hikmah

Ilmu Al Hikmah adalah :
Sebuah nama dari suatu ilmu wirid/dzikir yang haq yang sumbernya dari Al Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad Saw. Tokoh dan sekaligus Guru Besar yang pertama kali mendirikan dan menyebarkan ilmu Al Hikmah adalah
KH. Muhammad Syaki Abdusy Syukur Bin Sartawi (Abah Syaki) dari Cisoka Tengerang Banten.

Ilmu Hikmah adalah:
(1). Ilmu yang haq, benar, yang diambil dari hikmah Asma Allah Al’azhom (nama-nama Allah Swt Yang Mulia dan Besar) dengan bersumber dari ayat-ayat Al Quran, Hadits-hadits Nabi Muhmaad saw dan doa-doa pilihan yang mustajab untuk mencapai keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan zhohir dan bathin dunia akhirat dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt, (Taqorrub Ilallah) melalui ibadah wajib dan sunnah serta mengamalkan ajaran dari para ‘alim ‘ulama yang merupakan pewaris Nabi.

(2). Ilmu Hikmah bersifat “sirr” (rahasia, bathin) dengan metode dzikir dan doa.


“Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan barangsiapa yang dianugerahi (ilmu) hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak, dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).”
(Al Qur’an surat Al Baqoroh : 269)
 
Kuncunglugu

No comments:

Post a Comment

Post a Comment